Thursday, October 9, 2008

MENGHILANGKAN CEGUKAN

Cegukan atau keseduan sering kali membuat kita risih. Selain mengganggu dan menguras tenaga , juga membuat daerah antara dan perut pegal-pegal, terutama apa bila cegukan berlangsung agak lama. Memang, yang sering mengalami cegukan biasanya balita. Namun, orang dewasa pun bisa mengalaminya
Ketika kecil, saya pun pernah mengalaminya. Bahkan sampai suatu saat saya merasa jenuh dengan cegukan. Waktu itu, saya duduk dikelas IV SD. Saya mencoba mencari berbagai jalan keluar agar bebas dari cegukan. Dari cuma minum segelas air sampai menggosok badan dengan minyak gosok. Hasilnya ternyata belum juga memuaskan.

Akhirnya saya berhasil menemukan cara jitu untuk menghilangkan cegukan
* Apabila sudah merasa akan cegukan ( biasanya ditandai dengan cegukan 1 kali ), saat itu juga langsung menarik nafas dalam, lalu tahan selama 30-60 detik. Apabila cegukan sudah berlangsung lebih dari 5 kali,tari nafas dalam lau tahan selang waktu antara cegukan pertama dengan cegukan berikutnya

*Setelah cukup menahan nafas, nafas dikeluarkan sedikit demi sedikit, begitu seterusnya hingga sekitar tiga kali, yakni sampai nafas normal kembali

*Selama melakukan langkah diatas, jangan menelan ludah. Dengan cara ini, menurut pengalaman saya, hasilnya lebih efektif.

Sampai sekarang saya tidak pernah lagi mengeluh soal cegukan. Sementara cara ini cocok untuk saya, semoga cocok pula untuk Anda. (erikeocky D.P., yogyakarta)

No comments:

Post a Comment