Monday, November 17, 2008

WHO MENYAMBUT PENGHARGAAN NOGUCHI UNTUK PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

GENEWA -- Terlalu sering pengorbanan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan tidak dihiraukan, tetapi tidak dalam hal ini. WHO menyambut pengumuman bahwa Pemerintah Jepang sedang menganugerahkan Penghargaan Hideyo Noguchi Afrika yang pertama untuk layanan kesehatan kepada masyarakat global.

Dua orang penerima penghargaan tersebuat adalah Brian Greenwood, Profesor Clinical Tropical Medicine di London School of Hygiene and Tropical Medicine, inovator terkenal di dalam penelitian penyakit malaria; dan Miriam K. , seorang spesialis AIDS di Afrika Timur.

"Penghargaan ini untuk penghormatan dan dedikasi," dikatakan Direktur Utama WHO Dr Margaret Chan. "Tetapi mereka juga menarik perhatian kepada pentingnya meningkatkan kesehatan di Afrika dan hal ini adalah prioritas utama bagi WHO. Saya ucapkan selamat kepada Pemerintah Jepang untuk penghargaan ini, dengan penuh harapan membangkitkan semangat dan memberikan keberanian kepada yang lain untuk bergabung dalam pekerjaan penting ini seperti mereka."

Dr Were dikenal karena dalam hidupnya ia bekerja untuk memberikan layanan kesehatan dasar kepada orang Afrika di level lokal, juga mencakup kontribusinya dalam melawan AIDS. Sebagai Ketua Kenya National AIDS Control Council, Dr Were memimpin secara kritis dan telah berkontribusi untuk mengurangi penyebaran HIV serta menurunkan angka kematian yang disebabkan oleh AIDS.

Dr Greenwood telah bekerja selama 30 tahun di Afrika, satu dari 5 benua yang mempunyai penyakit paling mematikan -- malaria. Malaria adalah suatu tragedi di Afrika, membunuh satu anak balita setiap 30 detik. Pemerintah Jepang mencatat di dalam penghargaan nya, bahwa Dr Greenwood telah menjadi pelopor dalam meneliti imunologi, pathogenesis dan epidemiologi dari penyakit tersebut. Apa yang ia lakukan telah menyediakan fondasi untuk menetapkan kebijakan-kebijakan kesehatan masyarakat di tingkat nasional dan internasional dalam menghadapi penyakit ini.

"Kita selalu berterima kasih atas apa yang telah mereka kerjakan, dan saat ini kita ingin agar mereka dikenal," kata Dr Luis G. Sambo, Direktur Kantor Regional WHO untuk Afrika. "Ada ribuan individu lain yang bekerja di Afrika setiap hari. Mereka sedang menunjukkan bahwa kerja keras yang dilakukan perorangan, benar-benar bisa membuat kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan. Dengan meningkatnya derajat kesehatan, maka akan membuat masyarakat dan ekonomi yang lebih kuat.

No comments:

Post a Comment