Sunday, November 2, 2008

KHASIAT RAMUAN KENCUR

KENCUR tidak saja sedap aromanya sehingga dijadikan campuran bumbu, tetapi lebih berkhasiat obat. Banyak penyakit dapat disembuhkan oleh ramuan kencur di antaranya:
1. Sakit Asma
Parut rimpang kencur secukupnya, kemudian peras airnya. Campur air perasan dengan dua sendok makan madu dan satu kuning telur ayam kampung, kocok-kocok sampai merata. Setelah bercampur, didiamkan sebentar, baru diminum.
2. Luka Memar
Kencur dan beras ditumbuk, balurkan pada bagian yang memar atau yang keseleo lalu dibalut. Lakukan beberapa hari sampai memar atau keseleo sembuh. Ramuan ini sebagai obat luka memar yang tidak terbuka, obat keseleo, pegal, dan bengkak.
3. Rematik
Satu ons kencur dan setengah ons jahe dirajang, campur dengan satu ons beras yang sudah digerus dan setengah ons biji kedawung. Bahan-bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air dalam tempat tertutup. Biarkan rebusan mendidih hingga air tersisa satu gelas, kemudian diangkat. Setelah rebusan agak dingin tambahkan perasan jeruk nipis (separuh saja) dan madu dua sendok teh. Minum dua kali sehari masing-masing setengah gelas.
4. Tetanus
Siapkan rimpang kencur sebesar tiga jari. Tambahkan daun jinten setengah genggam. Cuci bersih semua bahan, lalu dipotong-potong seperlunya. Rebuslah dengan tiga gelas air bersih. Tambahkan tiga jari gula enau. Biarkan air rebusannya mendidih hingga tersisa lebih dari 1 1/2 gelas. Air rebusan didinginkan, baru disaring, bagi dua, dan diminum dua kali.
5. Keracunan Tempe Bongkrek
Sediakan setengah jari rimpang kencur, seperempat genggam daun sambiloto, sepertiga genggam daun kumis kucing, seperempat daun belimbing wuluh, dan dua jari gula enau. Semua bahan dicuci bersih dan dicacah seperlunya. Rebus semua bahan dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin disaring. Bagi dua, untuk dua kali minum.
6. Muntah karena Masuk Angin
Bersihkan dengan air rimpang kencur 1,5 jari, lalu kunyah bersama sedikit garam. Setelah halus telan kunyahan kencur tersebut dan kemudian minum air hangat. Lakukan dua kali sehari hingga keluhan berkurang.
7. Keracunan Jamur
Sediakan satu jari rimpang kencur, sepertiga genggam daun sambiloto dan sepertiga genggam daun jinten. Tumbuk bahan sampai halus dan tambahkan air masak tiga perempat gelas. Peras dan saring, lantas minumkan ke penderita. Cukup lakukan sehari sekali.
8. Radang Anak Telinga
Ambil dua rimpang kencur sebesar ibujari dan 1/2 biji pala, digiling halus. Kemudian tambahkan sendok air hangat, lalu bobokan di sekitar telinga. Lakukan dua kali sehari sampai sembuh
antyms.blogwae.com

No comments:

Post a Comment