Friday, November 7, 2008

DIABETES

Penyakit gula atau kencing manis atau diistilahkan secara medis sebagai diabetes, ternyata bisa diidap oleh semua orang. Diabetes tidak hanya menjangkit mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes. Resikiny bisa dialami oleh mereka yang semula sehat.

Pakar penyakit dalam dari FKUI-RSCM yang juga ketua persadia (Persatuan Diabetes Indonesia), Prof.Dr.dr. Sidartawan Soegondo, SpPD-KMED FACE, semua orangberesiko terkena diabetes. resiko itu bisa datang dari gaya hidup dan kegemukan. Apalagi apabila ada faktor keturunan yang menyertai,"Jika keluarga besar ada yang menderita diabetes, berarti salah satu anggota keluargapunya risiko tinggi terkena diabetes".

Karenanya untuk mereka yang tergolong berisiko tinggiProf.Dr.dr. Sidartawan soegondo berpesan agar mengubah gaya hidup. Kalau sudah keturunan memang tidak bisa dicegah, tapi gaya hidup menurut Prof. Sidartawan soegondo bisa diubah. Gaya hidp seperti apa yang bisa mendatangkan diabetes....? Pola makan negatif dan kurang beraktifitas fisik. Jadi saran Prof. Sidartawan Soegondo ,"Jangan sampai gemuk, kurangi makanan berlemak dan manis, serta tingkatkan aktifitas fisik"

Kalau ada yang bilang bahwa diabetes 'hanya menyerang kalangan berpunya' itu keliru. Sebab faktanya, berdasarkan data asuransi kesehatan bagi masyarakat miskin (Aseskin) tahun 2006, diabetes masuk 10 besar penyakit yang di periksakan ketika berobat, mengalahkan penyakit hipertensi,demam,TBC, bahkan penyakit jantung. Parahnya lagi diabetes atau penyakit kencing manis atau penyakit gula ini bisa menjadi biang trjadinya penyakit lain, Seperti ginjal, kebutaan,stroke,jantung,impotensi, dan sebagainya. Itu karena kadar gula darahyang tinggi terus - menerus akan mengakibatkan rusaknya pembuluh darah,saraf,dan strukur internal tubuh lainnya, Tahun 2006 lalu, di indonesia tercatat ada sekitar14 juta orang penyandang diabetes (diabetasi). Sekitar 50% penyandang baru sadar kalau merka menidap diabetes, sedangkan baru 30% saja yang sadar untuk yeratur berobat

SEPERTI APA GEJALA DIABETES...?
* Buang air kecil lebih dari dua kali dalam semalam
* Mudah lapar dan haus
* Luka sulit sembuh
* Pengelihatan kabur
* Gatal-gatal di sekitar kemaluan
* Sering kesemutan

3 MACAM PENCEGAHAN UMUM DIABETES

1. Pencegahan Primer: terapkan gaya hidup sehat ( rencanakan pola makan positif,
olah raga teratur,disiplin berobat )
2. Pencegahan sekunder: Pencegahaan ini dilakukan untuk mereka yang sudahterkena
diabetes untuk menghindari komplikasi. Jagalah dan pertahankan kadar gula
darah sebaik mungkin
3. Pencegahan Tesier: untuk mencegah penyandang diabetes dengan komplikasi,agar
tidak terjadi kecacatan

No comments:

Post a Comment